Bunda Ini Cara Jitu Mengatasi Anak Susah Makan

Bunda Ini Cara Jitu Mengatasi Anak Susah Makan

Bunda Menghadapi anak susah makan pastinya membuat frustasi. Bunda sering bingung apa yang harus dimasak, karena Si Buah Hati sangat pemilih soal makanan. Sehingga Bunda pun takut dia akan kelaparan, dan tidak mendapat gizi yang cukup untuk pertumbuhannya.

Bunda sudah melakukan berbagai cara, menyetel video kartun kesukaannya agar dia mau makan, bahkan hingga disuapi. Namun Si Buah Hati tetap susah makan, dan hanya mau makan makanan yang dia suka.

Mengutip dari Huffington Post seorang dokter anak menyampaikan, anak yang pemilih soal makanan hanyalah salah satu cara Si Buah Hati menegaskan kemandiriannya. Dia akan makan apa yang dia inginkan, di waktu yang ia tetapkan.

Dalam tahap ini, orangtua tidak perlu cemas berlebihan, asalkan tahapan tumbuh kembangnya berjalan dengan baik. Dan untuk mengurangi kekhawatiran Bunda akan asupan nutrisi anak ini, berikut 10 hal yang bisa Anda lakukan.

1. Jangan jadikan setiap waktu makan menjadi ajang pertengkaran

Anak yang pemilih soal makanan, sering membuat orangtua kesal. Namun cobalah untuk bersabar, dan tidak memaksanya menyantap makanan yang tidak dia suka. Karena dampaknya bisa lebih buruk.

Mungkin tidak mudah bagi Bunda untuk melakukannya, tapi jika kebiasaannya yang pemilih dalam makanan bisa memicu gangguan pola makan, maka Bunda harus lebih berhati-hati dalam menghadapi kebiasaan makannya yang rewel.

2. Buat catatan tentang apa saja yang dimakan anak dalam sehari

Tanyakan pada semua orang yang ditemui anak hari itu. Apa saja yang ia makan, termasuk cemilan. Maka Bunda akan mendapat data apa saja yang dimakan anak dalam sehari.

Jadi, hanya karena anak tidak mau makan besar di waktu makan yang sudah ditentukan. Bukan berarti dia kelaparan.
Menghadapi anak susah makan harus ekstra sabar. Jika dia tidak mau makan makanan yang Bunda sajikan, belum tentu dia tidak makan seharian

3. Sediakan kudapan tinggi kalori untuk cemilannya

Untuk memastikan dia tetap dapat asupan energi sepanjang hari, meski tidak makan di waktu makan. Bunda perlu menyediakan kudapan tinggi kalori yang bisa dia makan kapanpun dia mau.

Contoh kudapan tinggi kalori ialah selai kacang, keju, kacang-kacangan dan juga buah. Jadi, tak mengapa anak susah makan saat disuruh makan nasi. Asalkan asupan kalorinya tetap tercukupi dari cemilan yang Bunda sediakan. Menghadapi anak susah makan bisa diakali dengan menyediakan buah kesukaan Si Buah Hati. Agar asupan kalorinya tetap terjaga meski tidak makan nasi.

4. Rencanakan menu lengkap yang berbeda setiap hari

Siapapun pasti akan bosan jika harus makan menu yang sama tiap hari. Kreasikan menu unik dengan penyajian menarik yang bisa merangsang anak untuk makan. Pastikan menu yang Anda buat mengandung makanan yang ia suka, sehingga anak lebih senang memakannya.

5. Minta bantuan, jika memang Anda membutuhkannya

Apabila Bunda sudah tidak kuat menghadapi anak susah makan, atau Si Buah Hati semakin membandel saat disuruh makan. Mintalah bantuan Ayah atau orang dewasa lainnya yang bisa membuat Si Buah Hati menurut.

Akan tetapi, jika dokter mengatakan tidak ada keterlambatan dalam tahapan tumbuh kembang si kecil, maka Bunda tidak perlu terlalu memaksakan agar dia mau makan. Dan jangan gampang menyerah dengan keinginan anak makan junk food, karena tidak sehat.

6. Jangan menyuruhnya makan

Anak seringkali melakukan hal yang berkebalikan dengan apa yang disuruh orangtua. Karena itu, cobalah menggunakan taktik dengan melarangnya makan. Atau tidak menyuruhnya makan sama sekali.

Anda akan terkejut ketika mendapati, anak malah minta makan sendiri saat orangtuanya tidak menyuruhnya makan.

7. Turuti kemauan Si Buah Hati

Menghadapi Si Buah Hati susah makan tidak bisa dengan paksaan. Kita tahu bahwa dia butuh nutrisi makanan seimbang. Namun bukankah sayang jika makanan malah terbuang karena dia tidak mau makan.

Karena itu, tidak ada salahnya menuruti keinginan anak, tentang apa yang mau dia makan hari itu. Mungkin hari ini dia hanya ingin makan yang manis-manis saja, dan besok dia hanya ingin makanan berkuah.

Ikuti saja mood anak tentang makanan, karena dipastikan dia tidak akan makan hal yang sama setiap hari. Daripada memaksa, menghadapi anak yang susah makan sebaiknya dengan cara menuruti mood makannya.

8. Suplemen

Memberi suplemen makanan untuk anak bisa jadi cara jitu untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Pilih suplemen bentuk Madu yang disukai anak-anak. Lebih bagus lagi jika suplemennya mengandung sayur dan buah yang bisa menambah nafsu makan dan memenuhi kebutuhan sayur dan buah dalam tubuh anak. Semua Kabaikan Sayur dan buah ada pada madu Sayda ya Bunda..

9. Jangan membanding-bandingkan

Jangan merasa sedih melihat anak lain makan dengan lahap. Atau jika ada orang yang berkomentar kenapa anak Anda kurus. Jangan sampai anak merasa dia memiliki masalah pola makan hanya karena komentar tersebut.

Jika Bunda yakin bahwa anak sehat dan tumbuh kembangnya juga baik, abaikan komentar tersebut. Yang terpenting adalah kesehatan anak tetap terjaga.

10. Berikan contoh

Jika Bunda ingin anak makan sayur, maka Anda juga harus makan sayur. Berikan contoh yang bisa diteladani anak, makan brokoli di piring Anda agar dia juga mau makan brokoli di piringnya.

Sekian Semoga Bermanfaat ya Bunda… Agar Buah Hati tumbuh optimal sedia terus Madu SAYDA – Madu dengan Sayur dan Buah, yang InsyaAllah membantu tercukupinya sayur, buah, vitamin dan mineral dalam tubuh untuk tumbuh kembang anak yang optimal.
Madu SAYDA penting banget bunda untuk Buah Hati Sebagai suplemen yang bernutrisi agar tumbuh kembang si buah hati optimal, madu SAYDA pilihan tepat.
SAYUR, BUAH, VITAMIN DAN MINERAL TERCUKUPI, TUMBUH KEMBANG ANAK OPTIMAL, ORANG TUA BAHAGIA!

Sumber : https://id.theasianparent.com/
Klik Untuk Chat
👋 Hubungi Kami Via Whatsapp, Team Customer Support Online Kami Siap. Tanyakan Apapun Kepada Kami.